Bg

Sejarah dan Kebudayaan Islam - IAIN Surakarta

Sejarah dan Kebudayaan Islam

Sejarah pendirian

Program studi Sejarah dan Kebudayaan Islam secara resmi berdiri sejak tanggal 26 Desember 2014 yaitu dengan dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 7160 Tahun 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Program Sarjana IAIN Surakarta tahun 2014. Izin penyelenggaraan tersebut dikeluarkan pada akhir semester gasal tahun akademik 2014/2015, sehingga untuk penerimaan mahasiswa baru sudah tidak mungkin dimulai pada tahun akademik tersebut. Oleh karena itu program studi ini baru mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2015/2016.

Program studi ini untuk sementara ada di bawah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, meskipun tidak termasuk program studi kependidikan. Hal ini dikarenakan pembukaan program studi ini dimaksudkan untuk penyiapan pengembangan fakultas baru yaitu Fakultas Adab. Program studi ini baru akan mengajukan proses akreditasi pada tahun kedua dari awal pendiriannya, yaitu diprogramkan untuk diajukan pada tahun 2016.

Visi :

Unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu Sejarah dan Kebudayaan Islam, Jawa dan Nusantara.

Misi :

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang sejarah dan kebudayaan Islam, Jawa dan Nusantara.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang sejarah dan kebudayaan Islam, Jawa dan Nusantara.
  3. Meningkatkan peran serta civitas akademika jurusan dalam masyarakat di bidang sejarah dan kebudayaan Islam, Jawa dan Nusantara.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan tri darma perguruan tinggi khususnya di bidang sejarah dan kebudayaan Islam, Jawa dan Nusantara.

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana yang beriman dan berakhlak mulia
  2. Menghasilkan sarjana profesional dalam bidang sejarah dan kebudayaan Islam.
  3. Menghasilkan kajian dan publikasi ilmiah di bidang sejarah dan kebudayaan Islam.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang sejarah dan kebudayaan Islam.
  5. Meningkatkan kajian Keislaman Lokal budaya Jawa dalam konstelasi Peradaban Islam sebagai nilai – nilai kesejarahan Kearifan Lokal Nusantara.
  6. Menghasilkan kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak, khususnya dalam bidang sejarah dan kebudayaan Islam.
  7. Menggali nilai – nilai kearifan lokal budaya Jawa dan Islam pada naskah – naskah kuno Nusantara, khususnya di perpustakaan Radya Pustaka Keraton Surakarta.

Profil Lulusan

  1. Profil Utama

Profil utama lulusan Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam adalah sejarawan bidang keislaman nusantara yang berintegritas.

  1. Profil Tambahan
  2. Kolumnis Sejarah dan Budaya
  3. Kurator Budaya Jawa

Guru Sejarah dan Kebudayaan Islam (dengan menempuh PPG)

Daftar Dosen