Bg

Pendidikan Bahasa Inggris - IAIN Surakarta

Pendidikan Bahasa Inggris

Visi  :

Menjadi prodi yang diunggulkan dalam menyiapkan guru Bahasa Inggris yang berakidah kuat, berakhlak mulia, dan profesional di tingkat ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) pada 2024.

Misi  :

Misi adalah tugas yang harus diemban oleh PS dalam menerjemahkan visi program studi. Misi PS PBI yaitu:

  1. Menyelenggarakan pelayanan pendidikan, pembelajaran, dan pengajaran yang berkarakter keislaman, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan pendidik bahasa Inggris bagi madrasah dan SIT.
  2. Menyelenggarakan  penelitian untuk pengembangan ilmu kependidikan, pengajaran, pengetahuan dan teknologi pembelajaran bahasa Inggris pada lembaga pendidikan Islam.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam penerapan ilmu kependidikan bahasa Inggris pada lembaga pendidikan Islam.
  4. Menciptakan manajemen profesional dan suasana akademik yang berbudaya dan bernafaskan Islam sebagai standar norma interaksinya.

Tujuan :

  1. Menghasilkan tenaga pendidik dan pengajar bahasa Inggris yang profesional dan memiliki karakter perilaku Islami yang diunggulkan oleh madrasah, SIT, dan pondok pesantren pada tingkat ASEAN.
  2. Menghasilkan temuan-temuan penelitian dan kajian-kajian inovatif sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan permasalahan pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris pada madrasah, SIT, dan pondok pesantren.
  3. Menghasilkan layanan pendidikan bahasa Inggris kepada masyarakat dalam berbagai bentuk baik akademik maupun non akademik sesuai dengan perkembangan keilmuan dan teknologi yang ada.
  4. Terciptanya   manajemen   profesional   dan   suasana   akademik   yang   Islami dan profesional  yang  mendukung  pembentukan  kompetensi  kepribadian,  pedagogik, sosial, dan profesional lulusan.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

a. Profil Utama Lulusan

Pendidik (dalam) bahasa Inggris

Sebagai pendidik (dalam) bahasa Inggris, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan melakukan penilaian kegiatan pembelajaran bahasa Inggris (yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan) baik pada pendidikan formal maupun non-formal.

b. Profil Tambahan Lulusan

  • English Speaking Tour Guide

Sebagai English Speaking Tour Guide, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu menguasai teknik berkomunikasi dan memandu wistawan domestik maupun asing yang tercermin dalam penguasaan Ticket handling, Guiding technique, Hotel Handling, Tour Planning, dan Travel Management.

  • Penerjemah

Sebagai Penerjemah, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris terampil dalam mengalihbahasakan wacana bahasa inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya baik secara lisan maupun tertulis yang tercermin dalam penguasaan document translation, translation on Text book, Interpreting, Subtitling, Translation Enterprenership, dan Research on Translation.

Rumusan Kompetensi Lulusan

a. Kompetensi Utama

Lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta yaitu memliliki kompetensi calon guru Bahasa Inggris yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional

b. Kompetensi Pendukung

Lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris FITK IAIN Surakarta adalah kompetensi English Speaking Tour Guide dan penerjemahan sebagai matakuliah untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa.

c. Kompetensi Lainnya/pilihan lulusan

Pendidkan Bahasa Inggris FITK IAIN Surakarta adalah memiliki kemampuan mengintegrasikan kegiatan belajar mengajar  dengan ICT atau memiliki Technological, Paedagogical, Content Knowledge  (TPACK) dan mengimplementasikan nilai Islami.

.
.
Info Lebih Lanjut Terkait Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris disini