Bg

Pendidikan Agama Islam - IAIN Surakarta

Pendidikan Agama Islam

Visi    : Menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan keilmuan bidang kependidikan Islam dan membentuk lulusan yang profesional, berakidah kuat, berakhlak mulia, berkarakter dan berbudaya Islami pada tahun 2024 di tingkat ASEAN

Misi    :

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkarakter Islam, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan kependidikan Islam di masyarakat.
  • Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu kependidikan Islam.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu kependidikan Islam.
  • Membentuk lingkungan akademik yang Islami dan berbudaya.

Tujuan     :

  • Menghasilkan tenaga pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI) yang profesional, berkarakter ke-Islaman, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat.
  • Menghasilkan temuan-temuan inovatif dalam bidang kependidikan Islam.
  • Memberikan layanan kependidikan Islam kepada masyarakat.
  • Mewujudkan lingkungan akademik yang berbudaya Islami yang mendukung kompetensi lulusan.

Rumusan Kompetensi Lulusan

a. Kompetensi Utama
  1. Menguasai substansi pendidikan agama Islam yang mencakup Al-quran-hadits, fiqh, aqidah akhlak, dan sejarah kebudayaan Islam secara tekstual maupun kontekstual.
  2. Memiliki kemampuan mengajar Al-quran-hadits, fiqh, aqidah akhlak, dan sejarah kebudayaan Islam.
  3. Menguasai metodologi pembelajaran pendidikan agama Islam.
  4. Mampu menggunakan media pembelajaran pendidikan agama Islam.
  5. Mampu mengevaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam.
  6. Memiliki kemampuan mendesain program pembelajaran pendidikan agama Islam.

b. Kompetensi Pendukung

  1. Memiliki kecakapan di bidang kependidikan/ kebahasaan (Arab/Inggris).
  2. Kreatif dan produktif dalam menghasilkan inovasi di bidang pendidikan.
  3. Memiliki kemampuan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an (Arab) serta hafalan.
  4. Memiliki hafalan Juz ‘Amma.
  5. Memiliki pemahaman dan pengamalan ke-Islaman.
  6. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  7. Berkarakter Islami dan berbudaya.
  8. Memiliki akhlak mulia dan kecintaan terhadap profesi pendidik.
  9. Memiliki kemampuan melakukan penelitian kependidikan Islam
  10. Mampu mengembangkan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis ICT.
  11. Mampu mengembangkan bahan ajar pendidikan agama Islam
Kompetensi Lainnya
Memiliki kemampuan mendesain lembaga pendidikan Islam