Bg

Magister Pendidikan Agama Islam - IAIN Surakarta

Magister Pendidikan Agama Islam

Visi, Misi, dan Tujuan :

Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 2132 Tahun 2017 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi  pada Program Sarjana dan Magister Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Adapun visi misi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebagai berikut:

Visi :

“ Menjadi program studi magister yang unggul dalam mengembangkan keilmuan bidang kependidikan Islam dan membentuk lulusan yang profesional, berakidah kuat, berakhlak mulia, berkarakter dan berbudaya Islami pada tahun 2024 di tingkat nasional”

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkarakter ke-Islaman, bermutu tinggi dengan berstandar BAN-PT, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan kependidikan Islam di masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu kependidikan Islam.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif untuk pengembangan dan penerapan ilmu kependidikan Islam.
  4. Membentuk lingkungan akademik yang Islami dan berbudaya.

Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan adalah untuk mewujudkan tenaga sarjana tingkat Magister (S-2) dalam ilmu agama Islam yang memiliki kemampuan melakukan pemikiran, penelitian, penggalian dan pengembangan ilmu keislaman terutama dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Bertolak dari tujuan ini, maka program ini memiliki tujuan khusus yang dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) yang profesional, berkarakter ke-Islaman, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat.
  2. Menghasilkan temuan-temuan inovatif dalam bidang kependidikan Islam.
  3. Memberikan layanan kependidikan Islam kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif.
  4. Mewujudkan lingkungan akademik yang islami dan berbudaya yang mendukung  kompetensi lulusan.

Profil Lulusan

  • Profil Utama Lulusan

GURU BINA (Master Teacher) atau Dosen: mampu dalam mengembangkan strategi pembelajaran dan penilaian bidang pendidikan agama Islam secara kreatif, inovatif berbasiskan multikultural dan trandisipliner.

  • Profil Tambahan Lulusan

PENGAWAS PENDIDIKAN: mampu melakukan supervisi dan evaluasi pendidikan yang bersikap positif, empati dan toleran dalam melaksanakan keahliannya.

PENELITI PAI: mampu mengembangkan dan mempublikasikan pengetahuan dalam bidang pendidikan agama Islam melalui riset dalam rangka menghasilkan karya kreatif, inovatif dan berbasis IT.

STUDI LANJUT: Memiliki bekal untuk Melanjutkan Pendidikan Pada Jenjang   Strata-3.

Struktur Mata Kuliah

Struktur mata kuliah diturunkan dari Profil Lulusan Magister PAI sebagai berikut:

PROFILE GURU BINA

CP Umum
1 Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman yang mencakup ketakwaan terhadap Tuhan YME, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma.
2 Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan kemasyarakatan, meliputi, penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab bernegara, dan peningkatan kehidupan bermasyarakat, kerjasama, keperdulian terhadap sesama, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila
3 Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik.
4 Mengembangkan asesmen kegiatan Pendidikan Agama Islam
5 Menggunakan teknologi untuk kepentingan pengembangan Pendidikan  Agama Islam.
Khusus
1 Memiliki Kemampuan Pengembangan Strategi Pembelajaran PAI
2 Memiliki Kemampuan dalam mengembangkan Kurikulum PAI
3 Mampu Mengembangkan Model Penilaian Pembelajaran PAI berdasarkan Standar Penilaian Baku (Standarized Test)
4 Mampu mengembangan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran PAI
Perguruan Tinggi
1 memiliki kemampuan dalam mengembangkan strategi pembelajaran dan penilaian bidang pendidikan agama Islam secara kreatif, inovatif berbasiskan kearifan lokal masing-masing daerah

 PROFILE PENGAWAS PENDIDIKAN:

CP Umum
1 Menganalisis situasi, kondisi dan karakteristik sekolah (SDM, siswa, dan fasilitas) untuk meningkatkan kualitas pendidikan
2 Memahami metode penelitian dalam pendidikan
3 Bekerja secara kolaboratif di dalam kelompok dan menghargai nilai kerjasama dengan orang lain
4 Kemandirian intelektual dalam pengelolaan dan pemecahan masalah dalam dunia pendidikan
5 Mampu mengatasi berbagai permasalahan dan isu-isu politik di bidang pendidikan termasuk PAI
Khusus
1 Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
2 Menunjukkan komunikasi oral yang jelas dan koheren dalam kaitannya dengan  pengembangan PAI
3 Memiliki Kemampuan dalam Pengembangan Sistem PAI
4 Mampu mengembangkan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran PAI
5 Memiliki Kemampuan dalam Pengembangan Kurikulum PAI
Perguruan Tinggi
1 memiliki kemampuan supervisi dan evaluasi pendidikan

PROFIL PENELITI PAI

CP Umum
1 Mengolah informasi berupa data dan fakta secara ilmiah
2 Melakukan argumentasi ilmiah atas presentasi data yang diberikan
3 Mengembangkan argumen dan berpikir kritis
4 Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi baik di dalam kelas maupun forum diskusi yang lebih luas (seminar dan konferensi)
5 Menulis karya ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku
6 Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
7  Mengolah, mengendalikan, dan menganalisis data untuk berbagai kepentingan (presentasi, riset, dan lain-lain.)
Khusus
1 Melakukan riset dalam bidang pendidikan dan PAI berbasis peta jalan riset baik secara mandiri maupun dengan bekerjasama (kolaborasi) dengan pihak lain
2 Mengkomunikasikan hasil riset di bidang pendidikan dan PAI dalam bentuk lisan dan tulisan serta terpublikasi pada jurnal ilmiah
3 Mengelola data hasil riset (mendokumentasikan, mengamankan, dan memperolehnya kembali) untuk keperluan dokumentasi ilmiah
4 Menerjemahkan hasil riset untuk keperluan pengembangan praktek pendidikan dan PAI sehari-hari di sekolah/madrasah, di perguruan tinggi, atau di lembaga pendidikan yang lain
Perguruan Tinggi
1 Memperbanyak kajian dan riset potensi kearifan lokal
PROFIL STUDI LANJUT
CP Umum
1 Merefleksikan diri dalam belajar dan prestasi untuk pengembangan karirnya
Khusus
1 Merefleksikan diri dalam belajar dan prestasi untuk pengembangan karirnya dalam bidang PAI
Perguruan Tinggi
1 Memiliki Kemampuan dalam pengembangan melalui jenjang akademik lebih tinggi

 

Capaian Pembelajaran di atas diturunkan menjadi Kajian Keilmuan yang dikelompokkan dan mendapat beban studi sesuai Keluasan, kedalaman dan beban dari kajian tersebut. Beban studi pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dikelompokkan menjadi 5 (lima) kelompok Mata Kuliah. Dapat diuraikan sebagai berikut:

 

 

No Kode Komponen Mata Kuliah SKS
A MKW Mata Kuliah Wajib
1 MPAI 201 Pengembangan Studi Islam dalam Kebhinekaan 2
2 MPAI 302 Teori Pembelajaran dan Perkembangan Peserta Didik 3
3 MPAI 303 Metodologi Penelitian Pendidikan 3
Jumlah 8
B MKK Mata Kuliah Khas Keilmuan (Distingsi Keilmuan) SKS
1 MPAI 304 Pengembangan Kurikulum dan Model Pembelajaran PAI 3
2 MPAI 305 Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI 3
3 MPAI 206 Kepemimpinan Pendidikan Islam 2
Jumlah 8
C MRK Mata Kuliah Riset Keahlian SKS
1 MPAI 307 Action Research 3
2 MFITK 201 Penulisan Karya Ilmiah dan Bimbingan Proposal Tesis 2
3 MPAI 309 Pegolahan Data Berbasis Komputer 3
4 MFITK 302 Uji Kompetensi (Field Study) 3
5 MFITK 803 Tesis 8
Jumlah 19

 

D MPK Mata Kuliah Pilihan/Konsentrasi SKS
1 MPAI 312 Pengembangan Pembelajaran PAI di Sekolah  

 

3

2 MPAI 313 Pengembangan Pembelajaran PAI di Madrasah
3 MPAI 314 Supervisi Kepala Sekolah dan Guru
4 MPAI 315 Pemikiran Modern dalam Islam
Jumlah 3

 

E MKB Mata Kuliah Bahasa SKS
1 MFITK 004 TOEFL 0
2 MFITK 005 TOAFL 0
Jumlah 0

 

  1. Distribusi Mata Kuliah

Semester I

No Kode Mata Kuliah SKS
1 MPAI 201 Pengembangan Studi Islam dalam Kebhinekaan 2
2 MPAI 302 Teori Pembelajaran dan Perkembangan Peserta Didik 3
3 MPAI 304 Pengembangan Kurikulum dan Model Pembelajaran PAI 3
4 MPAI 206 Kepemimpinan Pendidikan Islam 2
5 MPAI 309 Pengolahan Data Berbasis Komputer 3
Jumlah 13

Semester II

No Kode Mata Kuliah SKS
1 MPAI 303 Metodologi Penelitian Pendidikan 3
2 MPAI 305 Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI 3
3 MPAI 307 Action Research 3
 

 

4

MPAI 312 Pengembangan Pembelajaran PAI di Sekolah  

 

3

MPAI 313 Pengembangan Pembelajaran PAI di Madrasah
MPAI 314 Supervisi Kepala Sekolah dan Guru
MPAI 315 Pemikiran Modern dalam Islam
5 MFITK 201 Penulisan Karya Ilmiah dan Bimbingan Proposal Tesis 2
Jumlah 14

Semester III

No Kode Mata Kuliah SKS
1 MFITK 302 Uji Kompetensi (Field Study) 3
Jumlah 3

Semester IV

No Kode Mata Kuliah SKS
1 MFITK 803 Tesis 8
2 MFITK 004 TOEFL 0
3 MFITK 005 TOAFL 0
Jumlah 8