Bg

Berita - IAIN Surakarta

Mahasiswa PBA Presentasikan Hasil Risetnya di Konferesi Nasional Mahasiswa Studi Arab 2018

26 Desember 2018

Ikatan Mahasiswa Studi Arab Indonesia (IMASASI) pada tanggal 24-25 November 2018 mengadakan Konferesi Nasional Mahasiswa Studi Arab. Konferensi ini diselenggarakan di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung. Dengan mengusung tema “Membangun Peradaban dengan Literasi Arab”, konferensi ini mengundang seluruh mahasiswa studi Arab se-Indonesia untuk mempresentasikan hasil penelitiananya. Sebelumnya, call for papers untuk konferensi ini telah dibuka pendaftarannya hingga 5 November 2018.

Kegiatan ini cukup meriah, karena dihadiri oleh beberapa mahasiswa jurusan studi Arab dari Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Pada kesempatan ini, makalah dua mahasiswa Jurusan PBA IAIN Surakarta dinyatakan lolos untuk dipresentasikan pada konferensi tersebut. Makalah yang diambil dari hasil risetnya ini berjudul “Strategi Maharah Kalam untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa di IAIN Surakarta”. Adalah Fika Vindayani dan M. Subhan Askhabi, dua presenter dari PBA IAIN Surakarta, yang menyajikan makalahnya dalam sesi presentasi kelompok.

Kegiatan konferensi di hari pertama, yaitu tanggal 24 November 2018, adalah pembukaan kegiatan, yang dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) IMASASI. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars IMASASI, pembacaan ayat suci al-Qur’an, sambutan oleh Ketua Panitia, dan sambutan Ketua IMASASI yang sekaligus membuka acara Konferensi Mahasiswa Studi Arab Nasional. Acara pembukaan konferensi diakhiri dengan doa penutup.

Pada hari selanjutnya, yaitu 25 November 2018, diadakan seminar Bahasa Arab dengan mendatangkan dua narasumber, yaitu Dr. Izzudin Musthofa, M.A. dan  Prof. Sofyan Sauri, M.Pd. Menurut narasumber pertama, “Datangnya literasi Arab ke Indonesia bersamaan dengan kedatangan Islam ke Indonesia”. Sedangkan narasumber kedua menyampaikan bahwa “Literasi dapat dilahirkan melalui pendidikan, pendidikan ialah usaha yang dilakukan dengan sadar dan terencana”. Setelah acara seminar usai, dilanjutkan dengan sesi presentasi para pemakalah yang lolos call for papers. Dua pemakalah dari Jurusan PBA IAIN Surakarta pada sesi ini menyajikan makalah hasil risetnya pada urutan kedelapan. Diharapkan, konferensi mahasiswa studi arab ini, bisa memantik semangat para mahasiswa studi arab untuk lebih giat lagi menghasilkan penelitian-penelitian yang dapat mengembangkan Bahasa Arab, khususnya di tingkat mahasiswa jurusan Bahasa Arab se-Indonesia. Selamat kepada pemakalah dari IAIN Surakarta, semoga semangat ini menginspirasi mahasiswa lain untuk terus meneliti dan menulis.