Bg

Berita - IAIN Surakarta

Ikhtitam PIBA 2019 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Atiq Farohidy, M. Pd. I

28 Januari 2019

Jumat 25 Januai 2019, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakutas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta menggelar acara ikhtitam (penutupan) Pesantren Intensif Bahasa Arab 2019 (PIBA) di Pondok Pesantren al-Fatah Kartasura, dihadiri oleh Ketua Jurusan PBA bapak Dr. Toto Suharto M. Ag, Ketua Jurusan BSA ibu Dr. Hafidhah, M. Ag,  Sekretaris Jurusan PBA bapak Drs. Sukirman, M. Pd, Pimpinan Pondok Pesantren al-Fattah Kartasura bapak Dr. Muh. Mahbub. M.si dan perwakilan Pondok Pesantren Darusalam Kartasura bapak Muhammad Zaenuri M. Pd. I, serta para dosen PBA.

PIBA merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab  untuk mahasiswa semester pertama, tujuannya meningkatkan kompetensi mahasiswa PBA dalam mempelajari bahasa Arab menggunakan metode ibtida’i¸ metode ibtida’i  dipilih sebagai alternatif metode bagi para mahasiswa PBA untuk belajar bahasa Arab secara efisien.

Farihatul Ula salah satu peserta PIBA 2019, menyampaikan: “program PIBA 2019 ini sangat bermanfaat untuk para mahasiswa, mempererat hubungan silaturahmi  mahasiswa Jurusan PBA, menambah ilmu bahasa Arab, serta pengalaman belajar dan tinggal di pondok yang belum pernah didapatkan sebelumnya”. Farichatul Ula juga menambahkan: “meski awalnya kesulitan dengan pelajaran bahasa Arab di pondok dan menggunakan metode Ibtida’i, namun karena para mahasiswa terbiasa setiap hari akhirnya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Dr. Toto Suharto, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa program PIBA wajib diikuti oleh semua mahasiswa PBA tahun 2018/2019, beliau mengharapkan semoga selama proses kegiatan PIBA yang berlangsung selama 20 hari di Pondok Pesantren al-Fattah dan Pondok Pesantren Darusalam, ada atsar membekas kepada para mahasiswa, sehingga dengan pembelajaran bahasa Arab metode ibtida’i yang diajarkan oleh para tutor, setiap mahasiswa mampu mengikuti perkuliahan di semester selanjutnya dengan lancar. Disamping itu, Ketua Jurusan PBA juga menyampaikan agar mahasiswa peserta PIBA tahun 2019 melanjutkan proses belajar bahasa Arab  di pesantren-pesantren yang mempelajari bahasa arab, khususnya di sekitar lingkungan kampus IAIN Surakarta dna tidak berhenti setelah program selesai.

Dalam acara ikhtitam  PIBA 2019 ditampilkan juga demonstrasi  membaca kitab kuning menggunakan metode ibtida’i oleh beberapa mahasiswa peserta PIBA 2019 dan dipimpin oleh Nila Ispiyana, salah satu tutor/tenaga pengajar PIBA 2019 di Pondok Pesantren Darusalam.