Bg

Berita - IAIN Surakarta

FITK Resmi Pecah Jadi 2 Fakultas. Fakultas Apa Saja Itu???

18 Februari 2019

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta resmi dibelah menjadi 2 fakultas setelah terlaksanakannya pelantikan pengurus Dekanat terbaru untuk kedua fakultas. Fakultas apa sajakah itu??? mungkin inilah yang jadi pertanyakan pertama selintas mendengar kabar ketika FITK terbelah menjadi 2. Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT) dan Fakultas Adab dan Bahasa (FAB). Itulah 2 fakultas yang muncul di lingkungan IAIN Surakarta ketika FITK secara resmi terbelah di tanggal 21 Januari 2019 lalu.

Dengan munculnya FAB dan FIT, secara otomatis pula ‘gono gini’ juga terbagi. Sudah lumrah hal itu terjadi. Dari awalnya satu menjadi dua. Semuanya yang awalnya dimiliki oleh satu fakultas maka dengan itu pula berlaku dibagi pula istilah gono dan gini tadi.

Nahh, gono gini apa saja itu???

Hal pertama perlu diketahui oleh umum adalah program studi. Program studi apa sajakah yang ikut FAB dan program studi apa sajakan yang ikut naungan FIT? Info yang perlu diketahui oleh orang umum terlebih lagi mahasiswa FITK adalah sebagai berikut:

FAB terdiri dari program studi:

  1. Pendidikan Bahasa Inggris (PBI),
  2. Sastra Inggris (SI),
  3. Tadris Bahasa Indonesia (TBI),
  4. Sejarah Peradaban Islam (SPI), dan
  5. Bahasa dan Sastra Arab (BSA).

FIT terdiri dari program studi:

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI),
  2. Pendidikan Bahasa Arab (PBA),
  3. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan
  4. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Selain masalah Program studi nih, yang perlu diketahui lagi oleh umum khususon mahasiswa/i FIT dan FAB adalah masalah gedung.

Berdasarkan surat keputusan nomor 70 tahun 2019 tentang perubahan peraturan rektor institut agama islam negeri surakarta nomor 419 tahun 2018 tentang pengelola gedung dan sarana prasarana pada institut agama islam negeri surakarta,

FAB mengelola gedung E dan gedung G (Pascasarjana lama), sedangkan

FIT mengelola gedung Agedung D, gedung PPG, dan Gedung Pendidikan Terpadu.

Dari SK tersebut pula, maka kegiatan operasional kedua fakultas baru ini pun berubah pula. Kegiatan operasional perkantoran FIT masih berada di  gedung A dan D IAIN Surakarta tepatnya berada di lantai 2. Sedangkan untuk FAB kegiatan operasional perkantorannya berada di gedung Pascasarjana lama yang disebut juga gedung G lantai 1.

Jadi, harapan admin dengan dibuatnya pengumuman ini maka seluruh mahasiswa/i  FIT dan FAB tahu, gimana dan dimana mereka sekarang bernaung, ikut FIT ataukah FAB. Tidak lagi terjadi istilah ‘mahasiswa tersesat’. Contoh nihh umpama ada mahasiswa prodi PBI yang membutuhkan peralatan perkuliahan, datangnya ya ke FAB (Gedung G/Pascasarjana lama). Bukan ke Tarbiyah lagi. Mau bagaimana pun, gono dan gini sudah dibagi. Okee.

Jangan sampai salah tempat lagi ya kawan-kawan semua, baik mahasiswa/i maupun alumnus dari FITK IAIN Surakarta. Ingat, FITK sudah menjadi 2 fakultas, FIT dan FAB. Bagi teman-teman yang pengen tahu update terbaru dari FIT, bisa langsung berkunjung ke website resmi FIT : https://fit.iain-surakarta.ac.id/ . Sedangkan bagi teman-teman yang hendak tahu apa sih berita terupdate dari FAB, dipersilahkan pula langsung berkunjung ke website resmi FAB : https://fab.iain-surakarta.ac.id/ .

Lupa ikut fakultas mana??? Baca dari awal pengumuman ini ^_^ Semoga seluruh kegiatan hari ini dan ke depan dilancarkan. Aamiin.