Bg

Berita - IAIN Surakarta

TBI FITK Dan Pro2 RRI Kerjasama Tumbuhkan Semangat Bulan Bahasa Dan Sumpah Pemuda Melalui Workshop

2 November 2017

Surakarta – Dalam rangka menumbuhkan kembali semangat Sumpah Pemuda Indonesia, Program Studi Tadris  Bahasa Indonesia (TBI) bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 Goes To Campus mengadakan Workshop Jurnalistik dan Broadcasting, Kamis (2/11). Tepat pukul 09.00 WIB di gedung Graha IAIN Surakarta, workshop dimulai dan diikuti oleh kurang lebih 325 peserta yang terdiri dari mahasiswa seluruh IAIN Surakarta semester 1 hingga semester 5. Kegiatan yang telah mengundang Perwakilan Pemerintah Kota Surakarta, Putra Putri Solo, dan sederet jajaran dekanat FITK IAIN Surakarta tersebut, secara langsung disiarkan oleh RRI.

Workshop secara resmi dibuka oleh Dekan FITK, Dr. H. Giyoto, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih secara langsung terhadap RRI atas kerjasamanya. 3 Hal yang harus dijunjung oleh seluruh warga Indonesia adalah Tanah Air, Bangsa dan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia mempunyai status yang sangat penting. Sejarah telah membuktikan bahwasannya peran Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa. “Semangat Sumpah Pemuda jikalau dimiliki oleh pemuda tidak hanya Headline Underpaper tetapi juga Underhead, pasti pemuda makin kreatif dan inovatif,” tutur Dekan FITK. Beliau menyebutkan bahwasannya RRI merupakan salah satu sejarah bangsa Indonesia yang mampu membuat Bangsa Indonesia menjadi besar sampai saat ini. Menurut beliau pula, pendidikan Pemuda tidak hanya di lingkungan kampus, tapi ketika di luar kampus juga sangat dibutuhkan oleh Pemuda. Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut Dekan FITK mengundang bersama-sama mempersiapkan Pemuda menerima tahta kebangsaan.

Workshop dengan tema “Jadikan Generasi Muda Sebagai Headline” tersebut sengaja diadakan sebagai tindak lanjut kegiatan magang dari mahasiswa TBI dan salah satu materi kuliah di program studi TBI. Kegiatan yang pertama kali dilakukan program studi TBI ini merupakan awal dari kerjasama antara TBI dengan RRI. Sehingga di tengah acara kegiatan workshop tersebut juga diadakan penandatanganan MoU di antara kedua belah pihak sebagai tanda kesepakatan atas terjalinnya kerjasama. Sampai berita ini diterbitkan, acara masih berlangsung.