Bg

Bahasa dan Sastra Arab - IAIN Surakarta

Bahasa dan Sastra Arab

Sejarah Pendirian

Program studi Bahasa dan Sastra Arab secara resmi berdiri sejak tanggal 26 Desember 2014 yaitu dengan dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 7160 Tahun 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Program Sarjana IAIN Surakarta tahun 2014. Izin penyelenggaraan tersebut dikeluarkan pada akhir semester gasal tahun akademik 2014/2015, sehingga untuk penerimaan mahasiswa baru sudah tidak mungkin dimulai pada tahun akademik tersebut. Oleh karena itu program studi ini baru mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2015/2016.

Program studi ini untuk sementara ada di bawah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, meskipun tidak termasuk program studi kependidikan. Hal ini dikarenakan pembukaan program studi ini dimaksudkan untuk penyiapan pengembangan fakultas baru yaitu Fakultas Adab. Program studi ini baru akan mengajukan proses akreditasi pada tahun kedua dari awal pendiriannya, yaitu diprogramkan untuk diajukan pada tahun 2016.

Visi

Menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional dalam menghasilkan lulusan dalam bidang ilmu Bahasa dan Sastra Arab yang berakidah kuat, berakhlak mulia, dan profesional pada tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkarakter ke-Islaman, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan keahlian Bahasa dan sastra
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan keilmuan Bahasa dan Sastra
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu Bahasa dan Sastra Membentuk lingkungan berbahasa Arab yang berbudaya Islami

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan profesional dalam bidang ilmu Bahasa dan Sastra Arab, berkarakter ke-Islaman, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat.
  2. Menghasilkan temuan-temuan inovatif dalam bidang kelimuan Bahasa dan Sastra
  3. Memberikan layanan kepada masyarakat dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab.
  4. Mewujudkan lingkungan berbahasa Arab yang berbudaya Islami yang mendukung kompetensi lulusan

Profil Lulusan

  1. Profil utama

Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dapat bekerja sebagai akademisi, peneliti, kritikus sastra, penerjemah, pemandu wisata, dan filolog yang berbasis budaya Arab dan Nusantara.

  1. Profil tambahan

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah:

  1. Pengelola Lembaga Pendidikan Bahasa Arab
  2. Penerjemah Lisan dan Tulis
  3. Pendidik bahasa Arab di lembaga-lembaga pendidikan Islam

 DAFTAR DOSEN