Bg

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah - IAIN Surakarta

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Sejarah Pendirian dan Status Akreditasi

Madrasah ditingkat dasar perlunya eksistensi, artinya keberadaan madrasah ibtidaiyah perlu diperhatikan terutama dalam peningkatan karakter bangsa di tingkat pendidikan dasar. Sehingga tidak terdapat dualisme pemaknaan terhadap Madrasah Ibtidaiyah. Di satu sisi, Madrasah Ibtidaiyah memiliki muatan secara kurikulum yang relatif sama dengan sekolah umum.

Dengan pertimbangan diatas, perlunya alasan sebagai berikut ; pertama, perlunya LPTK menyelenggarakan pendidikan untuk memperhatikan persiapan SDM (calon Pendidik di tingkat MI) sebagai penunjang pendidikan yang dibutuhkan di Madrasah Ibtidaiyah. kedua, merancang pola peningkatan di LPTK pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah yaitu guru dalam rangka menyediakan tenaga guru yang memenuhi standar, kualifikasi, dan kompetensi dibidang pendidikan, serta berdedikasi tinggi. ketiga, tidak ada dikotomi antara pendidikan umum dengan madrasah.

Institut Agama Islam Negeri Surakarta untuk itu membuka Jurusan PGMI yang berdiri berdasarkan ijin yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor: 1464 tahun 2014 tanggal 13 Maret 2014. Dengan Ketua Jurusan Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag dan Sekretaris Jurusan Suyatman, M.Pd dipilih berdasarkan rapat senat FITK IAIN Surakarta.

Visi    : Menjadi program studi yang unggul di tingkat Regional pada tahun 2020 dalam mengembangkan keilmuan bidang pendidikan dan ke-Islaman pada Madrasah Ibtidaiyah yang berakidah kuat, profesional, dan berakhlak mulia

Misi    :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkarakter Islam, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan Madrasah Ibtidaiyah di masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu kependidikan dan ke-Islaman pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan dan penerapan ilmu kependidikan dan ke-Islaman pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah.
  4. Membentuk lingkungan akademik yang Islami dan berbudaya.

Tujuan     :

  1. Menghasilkan guru kelas Madrasah Ibtidaiyah yang profesional, berkarakter Islam, bermutu tinggi, dan berbasis teknologi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat
  2. Menghasilkan temuan-temuan inovatif dalam bidang kependidikan dan ke-Islaman pada Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Memberikan layanan kependidikan dan ke-Islaman pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah kepada masyarakat.
  4. Mewujudkan lingkungan akademik yang berbudayaIslami yang mendukung kompetensi lulusan.

Rumusan Kompetensi Lulusan

a. Kompetensi Utama
  1. Memiliki kemampuan sebagai guru kelas Madrasah Ibtidaiyah yang profesional
  2. Menguasai landasan keilmuan, keagamaan dan ilmu kependidikan pada Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Memiliki kemampuan mendesain program pembelajaran sesuai tingkat perkembangan anak usia Madrasah Ibtidaiyah.
  4. Memiliki kecakapan melaksanakan proses pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum yang berlaku pada Madrasah Ibtidaiyah.
  5. Memiliki kecakapan mengembangkan instrument penilaian dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

b. Kompetensi Pendukung

  1. Memiliki kemampuan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an.
  2. Memiliki hafalan Juz ‘Amma.
  3. Memiliki pemahaman dan pengamalan ke-Islaman.
  4. Memiliki kecakapan dan keterampilan bahasa asing.
  5. Kreatif dan produktif dalam menghasilkan media pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.
  6. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran.
  7. Memiliki kecakapan dalam mengembangkan bahan ajar untuk Madrasah Ibtidaiyah.

 Kompetensi Lainnya

  1. Memiliki kemampuan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an.
  2. Memiliki hafalan Juz ‘Amma.