Bg

Berita - IAIN Surakarta

Tingkatkan Kompetensi Guru, Unit Lab School Gelar Workshop

24 November 2016

Unit labschool Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta menyelenggarakan workshop Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah dan PAIS, Kamis (3/11/2016) di MI Muhammadiyah Trangsan, Gatak, Sukoharjo. Hadir dalam workshop tersebut antara lain Wakil Dekan II FITK IAIN Surakarta, Ketua dan anggota Unit Lab school, dan perwakilan dari FITK IAIN Surakarta. Peserta workshop merupakan guru  Madrasah dan guru PAIS di wilayah Kecamatan Gatak, Sukoharjo.

Dalam sambutan, Wakil Dekan II, Hj. Siti Choiriyah, M. Ag, menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada guru madrasah dan PAIS tentang pembuatan RPP dan metode pengajaran di kelas yang efektif dan menarik sehingga hasil pembelajaran di kelas bisa maksimal.  Selanjutnya, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme guru melalui peningkatan kemampuan pengembangan RPP, pengembangan materi ajar dan metode pengajaran di kelas. FITK IAIN Surakarta sebagai LPTK memiliki tanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan di madrasah sekitarnya. Wujud tanggung jawab tersebut antara lain membantu, mengkaji, memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan madrasah dan merangkulnya dalam pengembangannya; baik melalui pendampingan madrasah binaan, madrasah mitra, maupun bentuk lainnya.

Dalam Workshop tersebut, Unit Labschool FITK menghadirkan dua narasumber yaitu Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd. dan Dr. Fauzi Muharom, M.Ag. Dalam pemaparan, kedua narasumber menjelaskan secara rinci tentang bagaimana menyusun RPP, membuat materi ajar yang baik serta memilih metode pengajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dan kondisi ruang kelas. Setelah sesi pemaparan dan tanya jawab selesai, peserta workshop diminta untuk berlatih membuat RPP dan materi ajar sesuai dengan bidang pelajaran masing-masing peserta. (Rob/FITK)