Bg

Berita - IAIN Surakarta

dsc_2263

WORKSHOP PENGEMBANGAN PRODI SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM

1 November 2016

Sukoharjo- Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan pada hari Senin, (31/10) mengadakan Workshop Pengembangan Prodi dengan menghadirkan narasumber dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Ghifari Yuristiadhi) yang merupakan Pakar dalam bidang Sejarah.

Dalam sambuatannya Dr. H. Giyoto, M.Hum. memberikan semangat kepada mahasiswa Jurusan untuk selalu menghargai sejarah, karena orang yang besar adalah orang tahu dan bisa menghargai sejarah. Tantangan bagi mahasiswa SKI adalah untuk bisa mengungkap sejarah Islam salah satunya untuk membangkitkan penulisan penyusunan Sejarah Peradaban Islam dalam masa selanjutnya. Kejadian alam mempunyai siklus sehngga pengertian sejarah atau peninggalan sejarah menjadi penting dan yang tentunya bisa meramalkan dan memprediksi masa depan.

Berdasarkan hasil diskusi tentang survei kebutuhan masyarakat akan keterampilan penulisan sejarah kebudayaan Islam yang dapat diaplikasikan langsung di masyarakat. Oleh karena itu Jurusan SKI perlu untuk mengadakan praktik penulisan sejarah (historiografi) dengan maksud agar mahasiswa Jurusan SKI mampu mengaplikasikan kemampuan kesejarahan dan untuk meningkatkan keahlian mahasiswa Jurusan SKI dalam hal penulisan Sejarah. (Umum/FITK)