Bg

Berita - IAIN Surakarta

STUDIUM GENERAL SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2016-2017

21 September 2016

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta mengadakan Studium General Semeter Gasal Tahun Akademik 2016-2017 dengan tema “Fun Learning Strategy di Perguruan Tinggi”. Pada Senin, 19 September 2016, bertempat di Graha IAIN Surakarta. Pemateri Prof. Suwarsih Wadya, M.A., Ph.D akan mengupas tentang strategi belajar mengajar yang menyenangkan bagi mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.

Acara yang dihadiri kurang lebih 1200 mahasiswa baru FITK angkatan 2016 tersebut dibuka oleh Wakil Dekan 2 Dr. Muhammad Munadi, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa mahasiswa semester 1 dan 2 perlu adabtasi, karena dunia perkuliahan sangat-sangat berbeda dengan dunia sma/smk/ma. Dalam perkuliahan ada beberapa penilaian yaitu tatap muka, tugas tersruktur dan tugas mandiri. Lanjut Munadi kuliah harus tercipta suasana fun learning, maka dosen pengajar harus berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.

Penentu kesusksesan bukan dosen tetapi dari mahasiswa sendiri seberapa besar kemauannya untuk belajar karena 80% kesuksesan seseorang ditentukan dari kemauannya.

Sedangkan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Dr. Giyoto, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa jurusan yang ada di FITK sebanyak Sembilan jurusan yaitu Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Sastra Inggris, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Bahasa dan Sastra Arab. Mahasiswa harus mandiri jangan seperti anak SMA, harus bisa mengubah perilakunya dalam keseharian lanjut Giyoto. Dalam pidato penutupnya beliau mengucapkan selamat mengawali perkuliahan bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2016 semoga sukses. (FITK)